Kamis, 23 Juni 2011

Average High VS Pemerataan

Average High adalah sebutan untuk kelompok kecil orang dengan kemampuan diatas rata-rata anggota kelompok yang lain. dulu waktu sekolah, ada pengaturan yang dibuat oleh guru-guru baik SMP maupun SMA, bahwa siswa kelas 2-1 biasanya adalah kelompok siswa dengan kemampuan akademik rata-rata diatas prestasi akademik siswa kelas 2 yang lain.begitupun ketika di SMA, ketika naik kelas dua, siswa yang duduk di kelas Fisika biasanya memiliki prestasi akademik rata-rata diatas siswa kelas yang lain, demikian juga kelas Budaya adalah kelas siswa yang kemampuan akademiknya terutama matematika berada dibawah rata-rata.
Pemerataan adalah upaya untuk menyamakan hasil yang diperoleh ataupun beban kerja sehingga rata di tanggung atau diterima oleh semua anggota kelompok. Dalam prakteknya ide pemerataan di sambut baik oleh semua anggota kelompok oleh karena itu berarti tidak akan ada anggota yang lebih capek dari yang lain, atau tidak akan ada orang yang menerima lebih sedikit dari yang lain. pada kasus ini pemerataan menemukan bentuk yang ideal.
Ide pemerataan menjadi krusial ketika dalam sebuah kelompok yang dibagi lagi menjadi kelompok-kelompok dengan spesialisasi berbeda, coba diratakan hasilnya dengan mengorbankan spesialisasi setiap kelompok. yang terjadi adalah kerancuan dan ketidak fokusan dari peaksanaaan tugas yang sudah terspesialisasi oleh masing-masing kelompok. Ide pemerataan secara materi mungkin menemukan bentuk yang sama tetapi secara ideal, spesialisasi dihancurkan atas nama pemerataan. Atas nama pemerataan diatas itu pula menjadi lebih kacau lagi ketika dipilih orang-orang dari beberapa kelompok untuk melakukan pekerjaan yang sudah mereka kerjakan dengan judul yang berbeda, dan kemudian kelompok ini disebut sebagai average high, sementara ada anggota kelompok di sebuah kelompok spesialisasi yang belum mengerjakan pekerjaan sama, padahal itu menjadi tugas pokok dan fungsinya, apakah mereka ini termasuk kelompok under average sebagai kelas budaya di SMA?
satu model bisa cukup bagi seseorang, tetapi 6 model bisa sangat tidak cukup bagi orang tertentu. Maka makna pemerataan ataupun average high dimanakah berada?
salam pemerataan ......:)

Popular Posts