Jumat, 22 Februari 2008

Warani Na Magetteng

Warani na Magetteng adalah dua sifat yang benar-benar harus dimiliki oleh seorang pemimpin agar dapat menjalankan pemerintahan secara berwibawa. sikap warani artinya berani, artinya tidak takut dengan siapapun kecuali terhadap Dewata Seuwae. Hanya Allah SWT yang ditakutinya. yang lain tidak. Sikap Warani menyiratkan kemandirian. kemandirian untuk bertindak dan tidak dibawah bayang-bayang orang lain. sikap warani berarti memiliki keyakinan diri dan kepercayaan diri yang kuat. memiliki karakter yang membedakannya dengan orang lain. memiliki keteguhan melaksanakan apa yang menurutnya baik. apa yang menurut pengetahuannya yang terbaik akan dengan berani dilaksanakannya tanpa takut konsekwensinya. tentu dengan penegtahuan yang luas akan menuntunnya memperoleh solusi terbaik. solusi yang mungkin pahit tetapi adalah yang terbaik. dan ia berani mengambil langkah itu.

Warani mestilah diikuti dengan sikap getteng. sikap tegas, teguh dan konsisten. ibarat benang jika digetteng akan membentuk garis lurus. hal seperti itulah. ia tetap dijalan lurus. tetap dijalan yang telah dipilihnya. tidak berbalik atau menyimpang. apa yang dengan berani diputuskannya kana dijalaninya dengan konsisten. tidak terpengaruh dengan godaan. dengan siapaun yang bakal melemahkannya. karena ia telah mengambil keputusan yang menurut pengetahuan luasnya adalah yang terbaik dan telah disampaikan dengan sejujur-jujurnya kepada siapapun yang mungkin terdampak keputusan itu. tanpa kecuali. meskipun ia akan ditolak. meskipun ia akan cemoh. tetapi dengan berani telah diputuskannya dan dengan konsisten akan dijalaninya.

demikianlah sikap macca na malempu, warani na magetteng. 4 sifat sempurna seorang pemimpin. 4 sifat kesempurnaan yang akan mengantar pemerintahan yang berwibawa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silakan tuliskan komentar anda dengan cara yang baik, dan sopan. Komentar yang layak akan ditampilkan setelah dimoderasi.

Popular Posts